Panduan Lengkap Bagaimana Seharusnya Membangun Jaringan Wi-Fi

05:05

Wireless Networking 
Panduan Lengkap Membangun 
Jaringan Wireless Tanpa Teknisi
viii + 160 hlm ; 14 x 21 cm 
Eko Priyo Utomo 
C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta 2012 
ISBN : 978 - 979 - 29 - 3302 - 4 

Panduan Lengkap Bagaimana Seharusnya Membangun Jaringan Wi-Fi

Seiring dengan perkembangan zaman yang maju, sekarang keberadaan teknologi juga sudah mampu membantu meringankan kerja manusia. Kalau dulu kita sering mengakses internet untuk sekedar mendapatkan informasi yang sedang kita butuhkan, biasanya kita akan pergi ke warnet ( warung internet ) dan mengakses internet. Dan kalau kita mempunyai sebuah komputer dan sambungan telepon ditambah sebuah modem, maka kita juga bisa menikmati internet dari rumah tanpa pergi ke warnet, tetapi tentunya kita akan membayar lebih mahal untuk itu karena akses internet masih menggunakan jaringan kabel. Berkat penelitian yang intensif dan cermat yang dilakukan oleh perusahaan “Si Biru” IBM,
maka lahirlah sebuah penemuan yang sekarang biasa kita sebut sebagai Wi-Fi. Teknologi Wi-Fi ini menggunakan gelombang radio dalam memancarkan atau mengirim paket data kepada lebih dari satu device dengan kecepatan yang bervariasi dan umumnya dengan kecepatan rata-rata 1 Mbps. Maka dengan adanya Wi-Fi ini kita tentu tidak direpotkan oleh penggunaan kabel yang ribet dan memerlukan biaya yang lebih besar dalam membuat 1 jaringan internet. Tidak heran sekarang semua orang sudah bisa menikmati internet dengan mudah tanpa adanya penggunaan kabel, bahkan sekarang pun kita sudah sering menjumpai akses Wi-Fi di sebuah sekolah, tempat umum, cafe, bahkan disetiap rumah sekarang sudah ada yang bisa mengakses Wi-Fi.

Dalam buku setebal 160 halaman terbitan dari CV ANDI OFFSET ini sebenarnya ditujukan kepada anda yang ingin membuat jaringan Wi-Fi tanpa perlu keahlian sebagai teknisi komputer, orang awam saja bila sudah mengerti dan paham akan buku ini pasti juga sudah bisa memasang jaringan wireless dengan mudah dan sangat cepat. Buku ini hanyalah  mengulas bagaimana kita harus memilih peralatan Wi-Fi yang cocok untuk keperluan kita karena kebanyakan harga sebuah Wi-Fi dari sebuah vendor tentu sangat berbeda. Lalu bagaimana juga kita menkonfigurasi atau menyetting Wi-Fi bila sudah berjalan, karena kebanyakan orang bila sudah memasang dan digunakan untuk mengakses internet sering lupa tidak masuk ke panel administrasi modem Wi-Fi ( kebanyakan username dan password default tanpa dirubah ). Tentu hal ini sangat berbahaya, dikarenakan Wi-Fi adalah jaringan nirkabel yang menggunakan medium udara dan bukan kabel dalam mentrasmisikan paket data sehingga apabila ada orang yang ikut “nimbrung” internet gratis maka bahaya untuk mengganti password modem akan terbuka lebar. Hasilnya orang tersebut akan menguasai Wi-Fi yang kita miliki, baik kecepatan akses maupun bisa saja memfilter atau menyaring situs  yang sering kita kunjungi sehingga kita tidak bisa mengaksesnya lagi. Ditambah juga dibahas tentang perawatan peralatan Wi-Fi supaya awaet dan tahan lama. Tidak hanya itu saja, di dalam buku ini juga akan diberikan alamat situs supaya bagaimana kita bisa meningkatkan kecepatan internet bila menggunakan Wi-Fi dengan software tertentu, seperti Dns Speeder, Ashampoo Internet Accelerator, Full Speed serta bagaimana juga kita bisa mengetahui atau mengoptimalkan Wi-Fi dengan software seperti WirelessMon, WIFI Internet AccessBlocker untuk memblokir seseorang yang ikut “nimbrung” pada jaringan Wi-Fi kita. Dibagian akhir tentu saja diberikan tutorial bagaimana kita bisa membuat hotspot sendiri dan tentunya menggunakan software Connectify. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »