Dari Arab Springs sampai menjadi Miliarder dengan Twitter

18:27


90 Tip dan Trik Twitter untuk Jualan
Jubilee Enterprise 
xi + 131 hlm
PT Elex Media Komputindo 
Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI, Jakarta 2012
1211120405 
ISBN : 978 - 602 - 00 - 2088 - 4 

Dari Arab Springs sampai menjadi Miliarder dengan Twitter

Setelah kita mengenal jejaring sosial mulai Friendster, MySpace, Foursquare, Facebook dan situs jejaring sosial lainnya, Twitter seakan menyeruak hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam kalimat yang kurang dari 140 karakter kepada pembacanya di seluruh dunia. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori mikroblogging, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara singkat. Tidak heran bila era keemasan Facebook sekarang sudah meredup dan digantikan oleh layanan yang simple dan praktis, Twitter. Tidak seperti layanan jejaring sosial lainnya, Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan keberadaan penggunanya. Di dunia banyak sekali yang menggunakan layanan Twitter, seperti Presiden Barack Obama yang menggunakannya untuk kampanye presiden beberapa waktu lalu, bahkan musuh bebuyutan Amerika Serikat, Presiden Venezuela, Hugo Chavez pun juga mempunyai akun Twitter untuk menyampaikan pesan-pesan politiknya atau berinteraksi kepada warga Venezuela. Tidak heran bila keberadaan Twitter sering dianggap ancaman oleh beberapa negara yang menerapkan sistem otoriter.
Tapi, justru Twitter   yang didirikan oleh mantan karyawan Google, Jack Dorsey, Biz Stone, Noah Glass, dan Evan Williams ini  sering dianggap pahlawan sebagai media penyampaian berita saat media massa dibelenggu oleh penguasa. Arab Springs adalah contoh nyata bagaimana dengan hanya karakter tidak boleh lebih dari 140 kata ini bisa mengubah sejarah di Timur Tengah.
Tapi di dalam buku ini tidak ada hubungannya dengan politik, tapi bagaimana caranya menggunakan media Twitter ini sebagai sarana mempromosikan sesuatu di internet agar layak dijual dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari ladang yang namanya Internet. Bagaimana mungkin dengan Twitter bisa mempromosikan barang atau produk agar layak dijual ? jawabannya bisa. Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru dari sebuah perusahaan dan memudahkan kolaborasi internal serta komunikasi dalam sebuah kelompok. Buku setebal 130 halaman ini banyak berisi tutorial yang membahas bagaimana seharusnya seseorang bila sudah mempunyai sebuah akun di Twitter. Lalu mengintegrasikannya dengan browser maupun dengan menggunakan email. Tapi buku ini sangat menggoda dengan judul 90 Tip dan Trik Twitter untuk Jualan, padahal dibalik judulnya yang memikat ternyata isinya tidak ada yang berhubungan dengan promosi berjualan secara online. Hanya 8 halaman terakhir dari buku ini yang diulas untuk kepentingan bisnis online dan itu pun tidak seberapa akurat. Kelebihan dari buku ini adalah setiap orang bisa membuat sebuah QR Codes sendiri ( hal : 61 ) dan menempelkannya ke produk yang ingin dijual dalam bentuk 2 dimensi. Satu hal yang pasti yang bisa ditangkap oleh pembaca buku ini adalah, apabila sudah menggunakan Twitter untuk berpromosi secara online adalah jangan sering atau kalau bisa jangan pernah berkeluh kesah di Twitter. Sebab bila konsumen anda tahu, maka tidak heran konsumen tersebut pun akan membatalkan rencana bisnisnya dengan anda. Jadi jaim alias jaga image di Twitter itu penting sekali.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »