90 Tip dan Trik Twitter untuk Jualan
Jubilee Enterprise
xi + 131 hlm
PT Elex Media Komputindo
Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI, Jakarta 2012
1211120405
ISBN : 978 - 602 - 00 - 2088 - 4
Dari
Arab Springs sampai menjadi Miliarder dengan Twitter
Setelah
kita mengenal jejaring sosial mulai Friendster, MySpace,
Foursquare, Facebook dan situs jejaring sosial lainnya,
Twitter seakan menyeruak hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang
diusung oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat,
padat dan real time di dalam kalimat yang kurang dari 140 karakter
kepada pembacanya di seluruh dunia. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter
dimasukkan dalam kategori mikroblogging, yaitu sebuah media
online yang memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara
singkat. Tidak heran bila era keemasan Facebook sekarang sudah meredup
dan digantikan oleh layanan yang simple dan praktis, Twitter. Tidak
seperti layanan jejaring sosial lainnya, Twitter bisa digunakan sebagai
sarana penyebar informasi kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak,
untuk memberitahukan keberadaan penggunanya. Di dunia banyak sekali yang
menggunakan layanan Twitter, seperti Presiden Barack Obama yang
menggunakannya untuk kampanye presiden beberapa waktu lalu, bahkan musuh
bebuyutan Amerika Serikat, Presiden Venezuela, Hugo Chavez pun juga
mempunyai akun Twitter untuk menyampaikan pesan-pesan politiknya atau
berinteraksi kepada warga Venezuela. Tidak heran bila keberadaan Twitter
sering dianggap ancaman oleh beberapa negara yang menerapkan sistem otoriter.
Tapi, justru Twitter yang didirikan oleh mantan karyawan Google, Jack Dorsey, Biz Stone, Noah Glass, dan Evan Williams ini sering dianggap pahlawan sebagai media penyampaian
berita saat media massa dibelenggu oleh penguasa. Arab Springs
adalah contoh nyata bagaimana dengan hanya karakter tidak boleh lebih dari 140
kata ini bisa mengubah sejarah di Timur Tengah.
Tapi
di dalam buku ini tidak ada hubungannya dengan politik, tapi bagaimana
caranya menggunakan media Twitter ini sebagai sarana mempromosikan
sesuatu di internet agar layak dijual dan mendapatkan keuntungan
yang sangat besar dari ladang yang namanya Internet. Bagaimana
mungkin dengan Twitter bisa mempromosikan barang atau produk agar layak
dijual ? jawabannya bisa. Untuk urusan bisnis, Twitter
bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru dari sebuah perusahaan dan
memudahkan kolaborasi internal serta komunikasi dalam sebuah
kelompok. Buku setebal 130 halaman ini banyak berisi tutorial
yang membahas bagaimana seharusnya seseorang bila sudah mempunyai sebuah akun
di Twitter. Lalu mengintegrasikannya dengan browser maupun
dengan menggunakan email. Tapi buku ini sangat menggoda dengan
judul 90 Tip dan Trik Twitter untuk Jualan, padahal dibalik judulnya
yang memikat ternyata isinya tidak ada yang berhubungan dengan promosi
berjualan secara online. Hanya 8 halaman terakhir dari buku ini
yang diulas untuk kepentingan bisnis online dan itu pun tidak
seberapa akurat. Kelebihan dari buku ini adalah setiap orang bisa membuat
sebuah QR Codes sendiri ( hal : 61 ) dan menempelkannya ke produk yang
ingin dijual dalam bentuk 2 dimensi. Satu hal yang pasti yang bisa ditangkap
oleh pembaca buku ini adalah, apabila sudah menggunakan Twitter untuk
berpromosi secara online adalah jangan sering atau kalau
bisa jangan pernah berkeluh kesah di Twitter. Sebab bila konsumen
anda tahu, maka tidak heran konsumen tersebut pun akan
membatalkan rencana bisnisnya dengan anda. Jadi jaim alias jaga image di
Twitter itu penting sekali.
EmoticonEmoticon